Alamat

Jl. Jatirejo No 29A, Jatirejo RT 02/21, Sendangadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Senin - Jum'at (09:00-17:00 WIB)

0878-2877-3103

0878-2877-3103

Mengapa Harus Selalu Update Ke WordPress Versi Terbaru

Farid Efendi
  • 03 Dec 2020
  • 3 menit dibaca
Mengapa Harus Selalu Update Ke WordPress Versi Terbaru

Saat Anda mendapatkan informasi bahwa WordPress merilis versi terbaru, apakah Anda langsung terpikir untuk memperbarui website WordPress Anda ke versi yang terbaru?,
Mungkin Anda masih ragu akan pentingnya meng-update ke versi WordPress terbaru, berikut adalah beberapa resiko yang akan terjadi jika tidak mengupdate WordPress secara berkala.

  1. Menurunnya Tingkat Keamanan Website

    WordPress adalah platform pembuat website yang paling banyak digunakan di internet. Bebas di download oleh semua orang sehingga bisa di pelajari isi code-nya hingga detail. Tidak ada sistem yang sifatnya sempurna, selalu saja akan ditemukan celah kelemahannya. Oleh karena itu WordPress selalu berinovasi untuk mengeluarkan versi terbarunya dengan alasan utamanya adalah penyempurnaan versi sebelumnya. Dalam 1 tahun, WordPress bisa me-release beberapa update version. Contoh di tahun 2019 telah 23 kali mengeluarkan update hingga versi WordPress 5.3 RC2 . 

    History update WordPress dapat Anda lihat di laman resmi WordPress https://wordpress.org/news/category/releases/. Sebagian besar update version ini tentang perbaikan bugs, selebihnya tambahan fitur - fitur baru. Contoh untuk update WordPress terakhir di versi 5.3 yang sebagian besar adalah perbaikan Bugs seperti terlihat pada gambar berikut.

    Catatan Update WordPress Versi 5.3

    Dari sini nampak jelas bahwa versi manapun yang saat ini Anda pakai, telah ditemukan beberapa celah yang berpotensi mengurangi performa website Anda atau bahkan sudah banyak yang memanfaatkan celah - celah tersebut untuk kejahatan.

  2. Tidak Dapat Memasang Plugin WordPress Terbaru

    Bukan hanya tentang perbaikan bugs, developer WordPress juga bekerja untuk meningkatkan fitur - fitur yang ada. Demikian halnya dengan developer atau pengembang software di luar WordPress yang mengembangkan plugin - plugin WordPress terbaru seiring dengan perkembangan teknologi. 
    Perkembangan seperti apa contohnya?, naiknya tren sosial media untuk berjualan (Instagram misalnya) akan berbanding lurus dengan munculnya plugin - plugin baru. Para developer pasti akan mengembangkan Plugin WordPress terkait instagram.

    Jika Website WordPress Anda masih menggunakan versi lama, ada kemungkinan website Anda akan bermasalah atau tidak kompatibel untuk di-install plugin - plugin terbaru.

  3. Kehilangan Kecepatan Akses Halaman

    Para developer WordPress selalu berusaha untuk meningkatkan kecepatan website. Setiap release versi terbaru selalu ada peningkatan kinerja dan efisiensi untuk kecepatan akses halaman website lebih cepat.

    Kecepatan website adalah faktor yang sangat penting dalam SEO, Google lebih menyukai website yang enteng, lebih cepat diakses yang merujuk pada perilaku visitor yang akan meninggalkan halaman website saat load halaman terlalu lama. Oleh karena itu sebenarnya sangat penting untuk menjaga kecepatan halaman website WordPress Anda dengan selalu meng-update ke versi WordPress terbaru.

Cara Mengupdate Versi WordPress

Jika Anda memutuskan untuk selalu menjaga website WordPress Anda selalu update, ada 2 cara untuk melakukannya :

Update Manual Dari Dashboard

Jika Anda sering login ke Dashboard halaman admin website WordPress Anda, cara paling mudah adalah dengan klik tombol update di notifikasi pembaharuan yang muncul di bagian atas Dashboard. 

Klik link Please update now untuk memulai update. Atau bisa juga dengan klik menu Updates sebelah kiri untuk melihat detail informasi update terlebih dahulu seperti contoh berikut :

Langkah terakhir untuk mengupdatenya dengan menekan tombol Update Now yang berwarna biru.

Update Secara Otomatis

Ini opsi kedua jika Anda jarang login ke halaman Dashboard admin. Update akan berjalan secara otomatis begitu WordPress meluncurkan versi terbarunya. Secara default WordPress tidak memaksa agar otomatis update, namun WordPress memberikan celah untuk ditambahkan konfigurasi agar dapat diupdate secara otomatis.

Konfigurasinya bisa dilakukan dengan menambahkan addon Easy Update Manager dan juga bisa melalui update file wp-config.php. Hanya satu baris berikut yang perlu di tambahkan ke file wp-config.php

define('WP_AUTO_UPDATE_CORE', true);

Jika Anda juga ingin memperbarui tema dan plugin Anda secara otomatis, maka Anda perlu menambahkan 2 baris berikut ke file functions.php tema Anda.

 
add_filter( 'auto_update_plugin', '__return_true' );
add_filter( 'auto_update_theme', '__return_true' );

Semoga bermanfaat !.

Farid Efendi
Farid Efendi

Seneng mempelajari hal baru, gak cuma di Pemrograman, SEO, IM, tapi di luar topik internet juga OK. Biar sakti kayak James Bond.

bikin website

Ingin belajar membuat website?

Bikin website tuh gak sulit amat, si Amat aja bisa loh bikin website yang bagus dan murah. Mau tau caranya?

Lihat Rahasianya