Alamat

Jl. Jatirejo No 29A, Jatirejo RT 02/21, Sendangadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Senin - Jum'at (09:00-17:00 WIB)

0878-2877-3103

0878-2877-3103

10 Hal Penting Sebelum Membeli Hosting Murah Tahunan

Farid Efendi
  • 03 Dec 2020
  • 5 menit dibaca
10 Hal Penting Sebelum Membeli Hosting Murah Tahunan

Hosting dengan harga murah memang sangat mudah kita dapatkan. Hampir setiap hari saya menerima informasi promo hosting dari tawaran diskon 40% hingga 70%. Apakah langsung kita beli mumpung murah?, sebentar bro, pikirkan sekali lagi 10 hal penting berikut sebelum membeli hosting.

#1 Harga Tahun Pertama dan Tahun Perpanjangan

Jarang saya temukan layanan hosting yang harga tahun pertama terdiskon dan tahun perpanjangannya di tahun selanjutnya sama nilainya. Misalkan saya beli hosting saat harga murah karena Flash Sale dengan harga Rp 200.000. Saat perpanjangan pasti dikenakan harga normal di atas 200 ribu. Beruntung jika saya memiliki kode kupon perpanjangan untuk mengurangi biaya yang seharusnya. 

Sebenarnya harga perpanjangan yang lebih mahal ini adalah trik dari penyedia layanan hosting untuk mendapatkan keuntungan di tahun kedua. Tahun pertama boleh diskon namun tahun selanjutnya jika user nyaman dengan service hosting tersebut maka gantian penyedia layanannya yang untung. Oleh karena itu cermati sekali lagi apakah harga tahun perpanjangannya masih masuk dalam budget Anda atau tidak.

#2 Support atau Dukungan

Membeli hosting berarti membeli layanan selama periode tertentu. Seandainya kita membeli layanan hosting selama 1 tahun maka penyedia wajib memberikan pelayanan yang berupa dukungan teknis selama 1 tahun. Dukungan teknis seperti apa?, pembeli berhak komplain dan dibantu jika servernya melambat atau bahkan tidak dapat diakses websitenya (down). Pilih layanan hosting yang memiliki tim dukungan teknis terbaik (mudah dihubungi, ramah, dan solutif dalam membantu).

#3 Backup Data dan Keamanan

Backup data artinya file - file website kita di server hosting ada data cadangannya. Saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terkena hack, atau file corrupt saat update maka file cadangan ini sangat diperlukan untuk me-revert atau mengembalikan ke kondisi sebelum terjadi bencana. 

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memilih layanan hosting yang memberikan fasilitas backup data (idealnya backup harian). Sebagai contoh paket shared hosting yang semua difasilitasi backup data otomatis untuk mengurangi resiko kelingan data.

Backup shared hosting Niagahoster

Sisi keamanan juga sangatlah vital, malware bisa datang kapan saja, apalagi jika kita menggunakan CMS yang extensible seperti WordPress. Saking mudahnya memasang berbagai ekstensi atau plugin, ga sadar kita telah memasukkan code buatan orang yang beresiko mendatangkan malware. 

Layanan hosting yang bagus pasti peduli dengan permasalahan keamanan seperti itu. Mereka akan memberikan fasilitas Ddos & Malware Protection (untuk melindungi server dengan teknologi six layer security yang mengatasi masalah keamanan dengan efektif), Spamexpert Protection (untuk melindungi inbox email dengan mencegah masuknya email spam berbahaya yang tidak diinginkan), dan CloudFlare Protection (untuk mengamankan website dari berbagai serangan keamanan cyber seperti DDoS, malware, dan hacker). Jadi pilihlah hosting yang peduli dengan keamanan website Anda.

#4 Uptime Server

Siapa yang ga marah kalo websitenya sering down atau tidak bisa diakses. Penanganan server yang tidak profesional akan sangat merugikan kita sebagai pelanggan. Down wajar ya karena mesin bisa saja mati, namun jika server ditangani serius oleh tangan yang benar - benar profesional seharusnya cepat menyala kembali. 

Abaikan layanan hosting yang tidak berani memberikan jaminan uptime hingga 98%. Coba kita hitung waktu downtimenya. 98% UP artinya 2% down, dalam 1 hari rata - rata down 2% x 24 jam = 28.8 menit. Berapa duit kita hilang jika website down rata - rata 28 menit per hari. Jangan abaikan jaminan server UP dari layanan hosting yang akan kita pilih.

#5 Garansi Uang Kembali

Jika harga murah karena diskon gede-gedan maka duitnya ga masalah kalo hilang percuma ya?, he he.
Tapi jangan dong, kecilpun nilai uang untuk beli hosting tetap bisa buat traktir pacar makan mie ayam sampai kenyang.

Beberapa hosting berani memberikan jaminan uang kembali jika tidak puas dengan layanannya. Apabila ternyata server dan layanannya parah, lumayan kan kita bisa klain uang kita kembali. Biasannya layanan hosting yang bergaransi mencantumkan informasi adanya garansi uang kembali.

Garansi Uang Kembali

#6 Ulasan dan Peringkat

Orang sering menilai baik buruknya layanan hosting berdasarkan pengalaman dari orang yang pernah menggunakannya. Banyak kita temukan situs - situs review hosting yang memberikan penilaian berbagai layanan, membandingkan fitur, kualitas layanan, hingga harganya. Di situs official penyedia layanan hostingpun biasanya ada halaman review pelanggan, contoh : https://www.niagahoster.co.id/review, namun komentar negatif pasti sudah difilter oleh admin. Agar lebih fair, baca juga komentar negatifnya dari situs yang lain, contoh website review hosting yang benar - benar serius (level dunia harusnya ga main-main datanya) https://id.hostadvice.com/hosting-company/niagahoster-reviews/

Hostadvice niagahoster review

Anda dapat menelusuri lebih lanjut tentang review dan peringkat layanan hosting melalui mesin pencari google, saring yang kira-kira masuk akal.

#7 Bandingkan Harga dan Spesifikasi Dengan Layanan Lain

Tiap layanan hosting pasti menyajikan beberapa paket pilihan. Tiap paket dibedakan berdasar kandungan fitur-fitur yang dimilikinya. Penyedia layanan hosting tidak akan asal-asalan dalam melabeli harga paketnya. Dari pengalaman saya bekerja di perusahaan hosting, penentuan harga selalu melihat pasar. Berapa harga pesaing untuk hosting dengan fitur-fitur tertentu sangat dipertimbangkan. Jadi untuk paket hosting yang menitik beratkan fitur tertentu, harga tidak akan selisih jauh antar provider hosting.

Contoh saya lebih prefer hosting yang diskspace atau kapasitas penyimpanannya lebih besar. Saat saya menerima promo hosting kapasitas 2GB seharga Rp. 300.000 maka akan saya bandingkan dengan layanan hosting lain yang berkapasitas sekitar 2GB atau bahkan yang unlimited diskspace apakah lebih murah. 

#8 Domain Gratis

Bagi saya domain gratis cukup penting karena bisa berhemat 100 ribuan bahkan lebih untuk TLD tertentu. Hanya beberapa layanan hosting yang memberikan domain gratis, itu saja terbatas untuk TLD tertentu seperti .com, .net, .co.id, .web.id.

Wajib dipertimbangkan jika layanan hosting berani menggratiskan domain selamanya (selama hosting aktif) karena domain Anda tidak akan mati karena lupa memperpanjang selama hosting masih aktif.

#9 SSL Gratis

SSL terkait dengan keamanan website. Sederhananya alamat website kita menjadi https: agar terhindar dari pencurian data di tengah jalan saat orang mengaksesnya melalui browser. Selain aman, Google-pun lebih menyukai website yang ber-SSL yang berimbas pada peringkat SEO website kita.

Meskipun SSL gratisan kadang juga bermasalah dengan provider jaringan internet, namun selama belum ada anggaran untuk membeli PAID SSL yang benar-benar secure, utamakan layanan hosting yang menyediakan SSL gratis.

#10 Cermati Syarat dan Ketentuan

Ketika melewati proses pembelian hosting, sering kita mengabaikan informasi syarat dan ketentuan. Meski informasi syarat dan ketentuan sangat panjang namun lebih baik kita baca dengan cermat agar tidak terjadi masalah suatu hari nanti.

Misalkan hosting tidak memperkenankan penggunaannya untuk proses penerimaan siswa baru karena cenderung memakan resource server yang tinggi, pornografi, perjudian yang melanggar undang-undang, atau konten pishing untuk pencurian data website lain. Intinya, pastikan layanan hosting yang Anda pilih tidak memiliki syarat dan ketentuan yang bertentangan dengan konten website Anda.

Farid Efendi
Farid Efendi

Seneng mempelajari hal baru, gak cuma di Pemrograman, SEO, IM, tapi di luar topik internet juga OK. Biar sakti kayak James Bond.

bikin website

Ingin belajar membuat website?

Bikin website tuh gak sulit amat, si Amat aja bisa loh bikin website yang bagus dan murah. Mau tau caranya?

Lihat Rahasianya